Langsung ke konten utama

Gue pulang Kuliah :)


Sama seperti biasanya, hari ini gue pulang ke rumah dari kampus tercinta, gue mahasiswi (ya iyalah, masa mahasiswa? Emangnya eyke cewek apaan). Sumpah! Hari ini tuh panasnya nggak kira-kira! Baru aja minuman dingin gue ambil dari habitatnya di #apasih namanya# refrigerator #ya pokoknya itulah#, udah nggak dingin kayak nggak dimasukin ke pendingin. Tuhan, nerakaMu bocorkah? Bukan! Ini efek global warming yang sering digembar-gemborin orang-orang. Gue duduk di bawah pohon (inget, DI BAWAH, kalo diatas ntar gue disangka ponakannya miss Kun lagi) lumayan buat ngadem, meski nggak ngaruh. Bus yang gue tunggu lama nggak nongol, 5 menit........... 10 menit.......... 15 menit kemudian datanglah bus warna hijau agak kekuningan (jangan bayangin yang jorok-jorok) dengan roda 4 (kalo rodanya ada 3 lu tau sendiri apaan). Dengan cepat, eh nggak deng. Yah pokoknya gitulah, intinya gue naik itu bus yang warnanya ijo agak kuning dengan sedikit kesal. Kaki gue baru naik satu, itu supir main gas aja. Untung gue pegangan sama pintu bus, kalo enggak? Hilang sudah kegantengan saya -__- 

ITB (in The Bus) untungnya gue dapet tempat duduk yang PW deket jendela, lumanyun kalo busnya jalan ada angin semripit-semripit. busnya jalan mirip gue waktu belajar naik motor dulu, pelaaaaann. Maybe sopirnya orang jawa yang sarat akan makna "alon-alon ndang klakon". Busnya berhenti di halte yang cukup strategis, dan ini adalah moment yang amat sangat mengesalkan. Perlahan tapi pasti, satu per satu pedagang asongan menjajakkan dagangannya.
"Tahuangetahuangetyatahunembamastahune..... tahu tahu tahuangetahuanget..........."
Untunglah si tukang tahu berpengalaman, kalo dia salah ngomong kan bahaya. Nggak percaya? Coba lu jualan tahu macam begitu, tapi huruf U nya ketuker sama huruf I. Apa lu nggak dihajar penumpang satu bus? Apalagi kalo sampe dilempar bus sama sopirnya, pasti mantap :D
Next, tukang buku.
"Assalamualaikum, Permisi Bapak Ibu Pakdhe Budhe Mas Mbak penumpang bis jurusan Pekalongan Semarang Solo dan sekitarnya (uda mirip Adzan, pake kata sekitarnya) saya disini ingin menawarkan buku-buku yang mungkin anda anggap sepale, tetapi sebenarnya penting. Untuk lebih jelasnya saya akan bagikan. Hanya dengan 5000 rupiah anda dapat 4buku sekaligus! Ya! EMPAT buku. Ada tuntunan shalat lengkap, do'a sehari-hari, shalawat nabi, dan yang terakhir ada buku primbon................"
Tukang buku bagi-bagiin bukunya ke seantero bus, gue juga kebagian meski cuma buat kipas-kipas aja. Secara ini bus ekonomi yang merakyat, tarifnya aja 3000 perak :D . Udah dibagiin si tukang buku balik lagi buat ngambil bukunya yang tadi ditawarin. Yang mau silakan bayar, yang nggak mau ya dibalikin. Nggak banyak yang beli buku kaya ginian, soalnya rata-rata udah banyak yang punya. Coba kalo yang dijual majalah Playboy, bisa dibayangin itu tukang buku balik sambil dance gaje gara-gara bukunya habis laris manis. Entah kenapa setiap si tukang buku ngambil bukunya dari gue (hampir tiap pulang ngampus gue ketemu sama si tukang buku yang satu ini) mukanya kayak ditekuk berlipat ganda, mungkin dia tau bukunya cuma buat kipas-kipas sama gue. Kam panas ooooom (^^,)>
Next, pedagang asongan
"Tisu mbak tisu, permen permen, yang dingin yang dingin. Tisune anyar (baru) mbak" pikir gue 'jadi kemaren lu jual tisu bekas?!'
Yah, sebenernya ni pedagang rada rese juga sih. Gue uda nolak tawaran dia, masiiiii aja ditawarin. Akhirnya tiap pulang ngampus gue bawa makanan sama minuman sendiri, maksudnya biar nggak ditawarin :P. Sebenernya nggak ada salahnya sih beli sama pedagang asongan macam begitu, tapi jualannya itu loh, KETERLALUAN. Harganya dinaikin nggak kira-kira. Okelah dia juga ambil untung, tapi nggak bunuh uang saku gue juga kaliiiiii. Contohnya, air mineral kemasan yang dijual di toko harganya 1500 dia jual jadi 3500. Gue sebagai mahasiswi yang duit sakunya dijatah perhari bisa sekarat kalo beli sama dia :(
Next, PENGAMEN. Kenapa gue tulis gede-gede? Soalnya ini yang paling bikin gue galau :(
Perlahan tapi pasti dua orang pengamen naik ke atas bus, eh maksud gue ke dalam bus. Satunya buta, satunya lagi normal. Yang buta main gitar dengan suara yang menurut gue lumanyun (lumayan bikin manyun), yang satunya lagi tepuk tangan sambil nyanyi dengan suara yang fals abis (gue kalah jelek :(). Beraksilah mereka di dalam bus yang semakin panas, suara pas-pasan jadi modal. Gue kagum sama tu pengamen, biar buta dia bisa main gitar (meski gitar sama suaranya sama-sama fals). Gue kasi de tuh 1000 perak di kantong gue. Pengamen pun turun. Trus naik lagi Bapak-bapak buta pake pakean lusuh sama anaknya yang kira-kira masih umur 7 tahun yang bajunya nggak kalah lusuh. Si Bapak mulai nyanyi dibantu speaker sama mic (yang disewa per hari), suaranya enak. Nggak kalah sama Alm. Meggy Z, dibantu anaknya yang ngatur suara di speaker yang dibawa bapaknya. Duit gue tinggal 500 di kantong, ada 10000 tapi buat duit kuliah besok. Gue kasiin deh tu 500 perak ke anaknya, sambil gue kasi kue yang gue beli sebelum pulang dari kampus.
"Maaf ya dek, adanya cuma segini" gue paksain senyum, meski gue miris. Anak sekecil ini bantuin bapaknya ngamen :(
"Nggak papa Mbak, makasih kuenya. Saya sama bapak bisa makan hari ini" kata si anak sambil senyum trus pergi. Dia nuntun bapaknya turun dari bus.
Iseng-iseng gue liat ke halte tempat pedagang asongan sama pengamen tadi ngumpul. Gue liat pengamen bergitar yang bareng sama pengamen buta, yang cuma tepuk tangan doang pegang hape. Lu tau hapenya apa? SAMSUNG DUOS yang touch Screen!! Kempreeeeeeettttttt!!!!!!!!!! Hape gue aja masi hape jadul SE Z550i! Gue galau! Nyesek! Kenapa gue kasiin yang 1000 sama tu pengamen?! Kenapa nggak gue kasiin semuanya sama Bapak buta tadi?! GUE NYESEL!!
galau level dewa T^T

Sampe sekarang gue masih sebel benget sama tu pengamen. Dia masi muda, masi bisa aktifitas normal. Malah ngamen jadi mata pencaharian sehari-hari. Alasan nggak ada kerjaan? Bullshit! Kemaren aja gue liat ada tawaran kerja jadi OB di salah satu instansi kok! Kalo dia emang niat, pasti tu kerjaan buat dia.
Paraaaahhhhhhhh!!!!!!!!!
Busnya jalan :D
sedikit demi sedikit hembusan angin menerpa gue (^_^) dan keapesan gue berlanjut.......
Belum lama bus jalan ada penumpang naik,sialnya itu penumpang duduk di sebelah gue. Gue sih nggak masalah kalo penumpangnya normal. Tapi ini tuh beda! Bapak-bapak yang baunya mix ketek sama bau amis X( 
bau maaakkkk!!!!!

CICAK SAUNA!!! KECOA YOGA!!! SINGA NGONDEK!!!
Ini orang nggak nyadar apa kalo orang disekitarnya uda pada tutup idung?!! Dengan entengnya dia nyender di kursi trus tidur. Cepet banget ni orang tidur, baru 3 menit ngoroknya uda kedengeran. Ngoroknya kenceng >,< blum cukup sampai disitu, ni bapak-bapak NGILER! 
ngiler yang salah tempat

It's so damn kampret you know?! Gue akhirnya pindah tempat duduk deket supir, daripada hidung gue muntah trus gue kejang-kejang gara-gara perut gue mimisan. Untunglah Bapak supir pengertian, dia ngebut demi menghilangkan bau-bau terkutuk itu dari dalam bus (meski hasilnya nihil). Gue sampe rumah dengan hidung mimisan :(

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Ticker Dengan Sun Wireless Toolkit

Dalam rangka memenuhi kewajiban saya kepada Bapak Dosen, disini saya akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan Aplikasi Ticker dengan Sun Wireless Toolkit. Yang belum punya aplikasinya silakan download, search aja di mbah google, buanyak kok. Tapi sebelumnya instal dulu jdk-nya (Java Development Kit), kalo nggak diinstal dulu, ane jamin kagak bakalan bisa itu WTK dipake  1. Buka Aplikasinya, bisa melalui Start Menu > All Programs > Sun Java Wireless Toolkit Ataupun double klik di icon Wireless Toolkit  2. Next, kita akan diperlihatkan penampakan-interface maksud ane- dari Wireless Toolkit (wtk) sebagai berikut  Kalo udah gimana lagi Sist? Kalo udah Klik New Project, trus isiin Nama Project sama MIDlet Class Name-nya, disini ane kasih namaprojectnya Tugas PBO2, dengan MIDlet Class Name AplikasiTicker Kalo udah, klik Create Project, maka akan muncul Setting Project WTK  Klik OK, lalu akan muncul tampilan yang menandakan project kita berhasil dibuat   Lihat

nikmat membawa sengsara

lama juga nggak ngepost yaaa kenapa nikmat membawa sengsara? puanjang ceritanya, nggak tau nyambung apa kagak. let's begin  jeng jeeeeengggg #backsound lebay dikarenakan Sumber Daya Teknolohi di rumah saya kurang memadai, jadilah gue minjem laptop punya sodara. sapa tau bisa numpang onlen gratisan #watdezig! diniatin dari rumah jam 3 siang, jadi nyampe rumah sodara bisa langsung ngegarap tugas java yang bikin anak sekelas kelabakan. tapi berbuhung ada tragedi yang cukup bikin deg-deg ser jadi acara naik busnya diundur. tragedi apa? pada penasaran kan? hayo ngakuuuuuu :D (apadeh gue -_-) dompet kakakku ilang! nggak tau deh kok bisa ngilang. padahal itu dompet ada di tas, ruangan pun terkunci. udah ah, ntar bahasnya di postingan selanjutnya, itupun kalo gue niat. sesampainya di rumah sodara gue langsung utarain alasan, maksud dan tujuan gue main ke situ, and what the answer? kalo mau nyalain laptop berarti kudu mati semua, mejikjer, kulkas, tivi, plus beberapa lampu . gatau kenapa

Sebuah Pelajaran

Namanya Muhammad, aku mengenalnya di bus saat pulang ke kampung halamanku beberapa tahun yang lalu. Umurnya tak jauh berbeda denganku. saat di bus ku lihat dia menoleh kesana kemari tampak kebingungan, tidak mungkin dia kebingungan mencari tempat duduk. sudah jelas dia berada di sebelah kursi di sampingku yang masih kosong. Kondektur bis sempat menegurnya karena menghalangi penumpang yang meringsek maju ke depan, bis itu telah penuh sesak. setelah bis mulai berjalan , ia barulah bisa duduk dengan tenang. tak sengaja aku melihat kartu pelajarnya yang dilubangi untuk dijadikan gantungan kunci, disitu tertera namanya Muhammad, siswa asal Pekalongan. sepanjang perjalanan aku melihat ke luar jendela, rassanya risih melihat kondisi bus yang penuh sesak. sesaat aku menoleh kepada penumpang disampingku, apa yang dia lakukan membuatku tercengang. Dia SHOLAT! dengan kondisi bus yang penuh sesak dia yang duduk di sebelahku melakukan gerakan sholat, waktu itu masuk waktu Ashar. dengan tenangnya di